Mengenal Macam-Macam Penyakit Diabetes dan Penyebabnya (Penyakit Kencing Manis)

Ditulis oleh: -
Apa itu Diabetes dan Apa penyebabnya? 
Dikutip dari informasiberita.net, bahwa penyakit diabetes atau kencing manis adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh ketidak mampuan tubuh memecahkan glukosa (zat gula) yang masuk ke dalam tubuh. Sumber glukosa tersebut bisa berasal dari nasi, buah, gula, susu dll.

Baca : Ciri-Ciri, Penyebab, dan Gejala Diabetes
Macam-Macam Penyakit Diabetes dan Penyebabnya

Mengenal Macam-Macam Penyakit Diabetes

Selama ini, banyak orang yang mengenal penyakit diabetes itu terbagi menjadi 2 jenis yaitu type I dimana tidak berfungsinya pankreas memproduksi insulin untuk memecahkan glukosa serta diabetes tipe 2 dimana walaupun pangkreas masih menghasilkan insulin tapi tetap tidak mampu memecahkan glukosa secara sempurna.

Dari 2 tipe jenis penyakit diabetes di atas, Penyakit Diabetes terbagi menjadi 3 macam jenis dan yang paling terkenal adalah Diabetes Melitus. Apa saja 3 macam penyakit diabetes tersebut?

1. Diabetes Mellitus
Apa itu Diabetes Mellitus? Penyakit Diabetes Mellitus (DM) inilah yang sering dibilang orang sebagai penyakit kencing manis. Diabetes Mellitus ini merupakan penyakit diabetes dengan jumlah penderita terbanyak di Indonesia maupun dunia.

Diabetes Mellitus disebabkan oleh tubuh yang tidak mampu dapat menyerap gula darah yang diakibatkan oleh pangkreas sedikit menghasilkan insulin ataupun tidak dapat menghasilkan insulin sama sekali.

Hal ini berdampak pada gula darah menjadi menumpuk di dalam darah pasien. Pada kondisi seperti ini tekanan gula darah penderita akan tinggi.

Pada DM penderita akan mengalami beberapa gangguan komplikasi, yang paling sering terjadi diantaranya Gangguan penglihatan mata, katarak, penyakit jantung, sakit ginjal, impotensi seksual, apabila luka akan sulit sembuh dan membusuk bahkan yang parah harus diamputasi, infeksi paru-paru, gangguan pembuluh darah, stroke.

2. Diabetes Insipidus
Apa itu Diabetes Insipidus? Penyakit Diabetes Insidipus ini berupa kelainan yang diakibatkan oleh kekurangan hormon antidiuretik (hormon yang membuat air kemih tetap pada takaran normal manusia). Jika manusia kekurangan hormon antidiuretik secara terus menerus maka mereka akan merasa haus dan air didalam kandung kemih sangat encer

Penyebab jenis diabetes insipidus adalah akibat cedera otak, tuberkulosis, Tumor, penyumbatan arteri menuju otak, serta meningitis.

Cara pengobatan diabetes insipidus adalah dengan melakukan obat semprot hidung yang mengandung hormon antidiuretik beberapa kali sehari agar air kemih menjadi normal. Disamping itu dapat juga dilakukan dengan obat atau makanan yang meransang produksi hormon antidiuretik tersebut

3. Diabetes Insipidus Nefrogenik
Apa itu Diabetes Insipidus Nefrogenik? Penyakit diabetes ini merupakan salah satu penyakit diabetes yang menular diaman wanita penderita diabetes ini ini dapat menurunkan ke anak laki-lakinya kelak.

Diabetes Insipidus Nefrogenik disesabkan oleh ginjal yang menghasilkan air kemih encer akan tetapi ginjal gagal merespon terhadap hormon antidiuretik dan tidak mampu memekatkan air kemih.

Penyebabnya adalah karena hormone antiduretik yang membuat ginjal untuk menahan air sehingga memekatkan air kemih. Padahal dalam keadaan normal ginjal yang mengatur konsentrasi air kemih sesuai kebutuhan tubuh. Dapat juga terjadi akibat obat-obat terentu yang menyebabkan kerusakan ginjal.
Penyakit Diabetes Pada Anak
Penyakit Diabetes Pada Anak Balita
Karena penyakit diabetes jenis ini merupakan turunan sejak lahir sehingga akan sangat berbahaya pada bayi yang belum bisa berkomunikasi. Bayi yang menderita Diabets akan mengalami dehidrasi yang disertai demam tinggi dan muntah serta kejang-kejang karena tidak bisa memberitahu penyakitnya. Dan jika lambat terdeteksi akan dapat merusak otak serta keterbelakangan mental. Selain itu perkembangan fisiknya juga akan terganggu.

Cara Mencegah dan mengobati Diabetes
Dengan pola makan dan kebiasaan sehat seperti olahraga rutin 2 kali selama seminggu akan membantu mencegah dan mengobati diabetes. Olahraga sampai berkeringat akan mengeluarkan zat negatif dalam tubuh.

Selain itu, Penderita diabetes dianjurkan menghindari minuman keras, narkotika, rokok serta zat berbahaya lainnya

Demikian tentang mengenal Mengenal Macam-Macam Penyakit Diabetes dan Penyebabnya (Penyakit Kencing Manis), dan semoga bisa menambah info dan wawasan kesehatan untuk Anda sekeluarga

Mengenal Macam-Macam Penyakit Diabetes dan Penyebabnya (Penyakit Kencing Manis)
Mengenal Macam-Macam Penyakit Diabetes dan Penyebabnya (Penyakit Kencing Manis) ditulis Oleh Berita Terbaru 2013 pada 2013-12-29T15:04:00+07:00 dengan rating 5 oleh 325 voters on Blog Infotainment News | Dunia Remaja | Lowongan Kerja.