Cara Mengatasi Keputihan Menurut Penyebabnya

Ditulis oleh: -
Fluor albus, atau yang lebih dikenal dengan istilah keputihan adalah merupakan gejala tidak sehat yang terjadi pada Miss V (baca: daerah kewanitaan). Keputihan merupakan infeksi yang ringan yang menyebabkan gatal pada bagian dalam dan luar Miss V, hingga mengeluarkan cairan berbau tak sedap berwarna putih kekuningan atau putih keabuan.

Penyebab Keputihan
Biasanya, pola hidup yang tidak sehat, pola makan yang tidak teratur, dan stress, merupakan penyebab utama terjadinya keputihan dari dalam. Sedangkan dari luar, keputihan disebabkan oleh beragam jamur, bakteri, virus dan parasit yang menempel pada daerah kewanitaan. Meskipun inveksi yang ditimbulkannya ringan, namun bakteri-bakteri ini berbahaya jika sudah menyerang serviks atau mulut rahim.

Kelembaban Miss V juga berpengaruh terhadap keputihan. Menurut Dr. Adhi Bhakti Ginanjar, SpOG, Spesialis Kebidanan dan Kandungan, tingkat keasaman untuk Miss V yang baik adalah 3,5. Namun, orang awam akan sulit mengukur tingkat keasaman ini. Setidaknya, selama Miss V tidak terasa nyeri, gatal, dan mulai mengeluarkan cairan, maka tingkat keasaman sudah normal.

Cara Mengatasi Keputihan Dengan Bahan Alami/Tradisional
Jika Miss V sudah terlanjur mengalami keputihan, langkah di bawah ini patut dicoba:
  • Ambil 10 lembar daun sirih
  • Rebus dalam 2 liter air atau sekitar 3 gelas
  • Dinginkan airnya, kemudian basuhkan pada seluruh daerah kewanitaan
  • Lakukan ini 2 sampai 3 kali sehari
Daun sirih berkhasiat untuk membunuh kuman, jamur, dan bakteri. Daun sirih memiliki kandungan minyak terbang (batlephenol) dan kavinol yang berfungsi menyegarkan daerah kewanitaan dan menjaga keseimbangan ph (keasaman) Miss V.

Cara Mencegah Terjadinya Keputihan
Untuk tahap pencegahan, lakukan langkah-langkah berikut agar jangan sampai mengalami keputihan.
  1. Hindari gula dan alkohol berlebihan. Dua zat ini dapat menumbuhkan jamur Candida pada bagian dalam Miss V.
  2. Basuhlah Miss V dengan cara yang benar, dari depan ke belakang. Jangan sekali-kali membersihkan Miss V dari belakang ke depan, karena anus merupakan sarang bermacam-macam kuman yang sangat berbahaya bagi Miss V.
  3. Keringkan Miss V dengan handuk atau tisu setiap selesai dibersihkan.
  4. Jangan memakai celana dalam yang terlalu ketat, sehingga udara tidak bisa bebas keluar masuk. Sebaiknya, pakailah celana dalam dari bahan katun.
  5. Kurangi pemakaian cairan pembasuh Miss V. Kandungan kimianya akan merusak keseimbangan ph dan mengakibatkan peradangan.
  6. Konsumsi bawang putih, susu, dan yogurt. Bawang putih memiliki kandungan anti-jamur alami, serta bakteri acidophilus pada susu dan yogurt dapat menjaga keseimbangan bakteri baik dan bakteri jahat pada Miss V.
Demikian sekilas cara mengatasi keputihan. Jika keputihan terus berlanjut, segera hubungi dokter untuk mendapat obat antibiotik. Semoga bermanfaat.

Cara Mengatasi Keputihan Menurut Penyebabnya
Cara Mengatasi Keputihan Menurut Penyebabnya ditulis Oleh Berita Terbaru 2013 pada 2013-11-26T12:42:00+07:00 dengan rating 5 oleh 325 voters on Blog Infotainment News | Dunia Remaja | Lowongan Kerja.