Biodata Profil Taufik Kiemas #In Memoriam Taufik Kiemas

Ditulis oleh: -
Biodata Profil Taufik Kiemas #In Memoriam Taufik Kiemas ~ Sebelumnya telah ramai diberitakan bahwa ketua MPR RI, Suami Megawati Sukarno Putri, Taufik Kiemas Meninggal Dunia di Singapura. Sebelumnya Ketua MPR ini sempat dirawat 6 hari akibat kelelahan usai melakukan tugas kenegaraan di Nusa Tengga Timur. Namun diketahui juga bahwa bapak Taufik Kiemas sebelumnya juga pernah dirawat akibat penyakit jantung.

Taufiq Kiemas Meninggal Dunia
Foto Almarhum Taufik Kiemas
Juru bicara presiden, Julian Aldrin Pasha, mengatakan SBY mendapat kabar duka cita itu dari politisi PDIP TB Hasanudin.

"Presiden sudah sampaikan turut berduka cita mendalam. Almarhum sebagai tokoh masyarakat, ketua MPR, dan juga tokoh bangsa," kata Julian.

Presiden SBY akan mengadakan jumpa pers untuk menyampaikan pernyataan resmi atas nama bangsa atas meninggalnya Taufik Kiemas..

Berikut adalah profil lengkap dari Taufiq Kiemas, ketua MPR RI yang ke-12 dan suami dari mantan Presiden RI yang ke 5 (Megawati Soekarno Putri).

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat ke-12 Masa jabatan 1 Oktober 2009 – 8 Juni 2013 
Tanggal Lahir : 31 Desember 1942  Jakarta, 
Meninggal  : 8 Juni 2013 (umur 70) di Singapura 
Kebangsaan : Indonesia 
Partai politik : PDI Perjuangan (PDI-P) 
Istri : Megawati Soekarnoputri 
Alma mater : SMA Negeri 2 Palembang 
Agama : Islam  

Taufiq Kiemas memulai karier politiknya ketika dibangku mahasiswa dengan bergabung sebagai anggota GMNI. Kemudian ia bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia dan terpilih sebagai anggota DPR/MPR-RI pada tahun 1992.

Selama masa Orde Baru, karier politiknya banyak dikebiri oleh pihak penguasa. Kariernya mulai cemerlang, ketika rezim Soeharto tumbang. Pada Pemilu 1999, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) keluar sebagai pemenang.

Kemenangan ini mengantarkan istrinya menjadi Wakil Presiden dan kemudian Presiden Indonesia kelima.
Kini sebagai salah satu tokoh penting di partai, ia menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Pusat (Deperpu). Ia kembali terpilih menjadi anggota DPR periode 2009–2014 dari PDI-Perjuangan untuk Daerah Pemilihan Jawa Barat II.

Sebagai politikus terkemuka, banyak penulis yang mengulas karier politik Taufiq Kiemas, diantaranya ialah karya Derek Manangka yang berjudul Jurus Dan Manuver Politik Taufiq Kiemas : Memang Lidah Tak Bertulang yang terbit pada tahun 2009.

Sumber:Wikipedia Indonesia

Biodata Profil Taufik Kiemas #In Memoriam Taufik Kiemas
Biodata Profil Taufik Kiemas #In Memoriam Taufik Kiemas ditulis Oleh Berita Terbaru 2013 pada 2013-06-08T21:57:00+07:00 dengan rating 5 oleh 325 voters on Blog Infotainment News | Dunia Remaja | Lowongan Kerja.